PENERIMAAN MAHASISWA BARU SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK TAHUN 2017

Penerimaan Mahasiswa STIS
Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang ada di Indonesia. STIS diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958.

Tahun 2017 STIS kembali membuka penerimaan mahasiswa baru dengan memanggil pemuda/pemudi Indonesia yang memiliki minat dan motivasi tinggi untuk dididik menjadi ahli statistika dan komputasi. STIS menyelenggarakan program Diploma Empat (D4) yang akan ditempuh selama 4 tahun dan Diploma Tiga (D3) yang akan di tempuh selama 3 tahun.

Ada 2 program studi pada program Diploma Empat (D4) yaitu Statistika dan Komputasi Satatistik di mana program studi Statistika terbagi menjadi 2 bidang peminatan, yaitu Statistika Ekonomi dan Statistika Sosial Kependudukan. Lulusan lulusan program D4 akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Statistik sedangkan program D3 STIS akan mendapatkan gelar Ahli Madya Statistik.

Brosur Penerimaan mahasiswa STIS yang kami dapat di website resmi Sekolah Tinggi Ilmu Statistik.


Jalur Seleksi 
Ada 2 jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru STIS tahun 2017 yaitu jalur ikatan dinas dan jalur tugas belajar. 

Jalur Ikatan 
Dinas Jalur ikatan dinas merupakan jalur seleksi untuk lulusan SMA/MA. Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebankan biaya pendidikan dan mendapatkan tunjangan ikatan dinas sesuai peraturan yang berlaku. Lulusan STIS ikatan dinas wajib bekerja di lingkungan BPS seluruh Indonesia sesuai penepatannya selama masa ikatan dinas, yaitu dua kali masa pendidikan secara berturut-turut. 

Jalur Tugas Belajar 
Jalur tugas belajar (TB) merupakan jalur bagi mereka yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai tetap pada BUMN/BUMD, TNI/POLRI atau instansi lainnya yang telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA yang ditugasi oleh instansi yang bersangkutan untuk mengikuti pendidikan di STIS. Biaya pendidikan di tanggung oleh instansi yang memberi tugas. 

Persyaratan 
Persyaratan untuk dapat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru STIS sebagai berikut : 
  1. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna dan bebas narkoba; 
  2. Program Diploma IV : Lulusan SMA/MA jurusan IPA atau siswa SMA/MA jurusan IPA tahun ajaran 2016/207 kelas XII, nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada rapor kelan XII semester I. 
  3. Program DIII : Lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS atau siswa SMA/MA jurusan IPA/IPS tahunajaran 2016/2017 kelas XII, nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada rapor kelan XII semester I (Khusus pendaftar yang berdomisili pada wilayah khususNusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, papua, papua barat, maluku, maluku utara, Kepulauan Riau dan Kepulauan Bangka Belitung)
  4. Umur tidak boleh lebih dari 22 Tahun per 1 Oktober 2017; 
  5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS sampai dengan pengangkatan PNS; 
  6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain; 
  7. Bersedia mematuhi peraturan STIS; 
  8. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS; 
  9. Setelah lulusan pendidikan di STIS, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai dengan penempatannya diwilayah Indonesia 
Informasi Pendaftaran 
Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru STIS dilakukan secara online di website Panselnas yang dibuka pada tanggal 9 - 31 Maret 2017.


Untuk info lebih lengkap dapat dilihat di Website resmi Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) : stis.ac.id

0 Response to "PENERIMAAN MAHASISWA BARU SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK TAHUN 2017"

Post a Comment