Ingin Lulus IPDN, Kenali Tahapan Seleksi dan Prosedurnya

Remunerasi.com - Seleksi penerimaan calon Praja  IPDN telah di buka tanggal 9 Maret yang lalu, ada 1.689 kursi yang kosong yang siap di isi oleh calon praja IPDN tahun ini. Tentu tidak mudah untuk mendapatkan salah satu kursi tersebut, selain ketatnya persaingan ada berbagai macam tahapan seleksi yang harus dilalui oleh para peserta. Jika anda benar-benar serius ingin menjadi salah satu peserta yang beruntung itu, ada baiknya mengenal dan memahami tahapan seleksi dan prosedurnya. Yang tidak kalah pentingnya anda juga harus mengetahui tentang materi pada seleksi calon Praja IPDN 2017.

Alur Penerimaan Calon Praja IPDN


Pendaftaran dengan Sistem Elektronik

Langkah awal untuk mengikuti seleksi penerimaan calon praja IPDN 2017 adalah dengan mendaftarkan diri diri di website Panitia Seleksi Nasional (panselnas.id). untuk mendaftar di panselnas anda membutuhkan NIK peserta, nomor Kartu Keluarga dan NIK Kepala Keluarga.
Kemudian pendaftaran dilanjutkan di website IPDN (spcp.ipdn.ac.id) dengan menggunakan user name dan password yang telah dibuat di website panselnas.

Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT)

Setelah dinyatakan memenuhi syarat administrasi maka peserta peserta berhak mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT)

Tes Kesehatan Daerah

Peserta yang berhak mengikuti Tes Kesehatan adalah peserta yang dinyatakan lulus dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan Sistem CAT. Ada 11 (sebelas) materi kesehatan yang akan dilakukan oleh calon praja IPDN meliputi :
  1. Penilaian Rikkes Calon Praja IPDN : anatomi, fisiologi, dan estetika tubuh. 
  2. Hasil Rikkes sesuai STATUS PRESENT (Kondisi kesehatan pada saat pemeriksaan kesehatan dilakukan). 
  3. Anamnesis : Penjelasan tentang riwayat penyakit baik pada diri sendiri  maupun keluarga yang saat ini atau sebelumnya pernah diderita. Termasuk penjelasan tentang penyakit yang sifatnya diturunkan (contoh : Asma, hypertensi) maupun tindakan pembedahan yang pernah dijalani. 
  4. Pemeriksaan fisik.
  5. Laboratorium berupa cek Urin Rutin, Darah Rutin, Kimia Darah, Serologi, Narkoba, Tes Kehamilan (khusus untuk perempuan)
  6. Foto Toraks 
  7. EKG 
  8. Varicoucle 
  9. Asthma 
  10. Hepatitis B 
  11. Hernia  

Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran

Pelaksanaan tes psikologi dan tes integritas & kejujuran dilakukan oleh Tim psikologi dan tes integritas & kejujuran yang memiliki kredibilitas, kapabilitas, dan profesional di bidang pemeriksaan psikologi dan tes integritas & kejujuran
Materi dan Aspek Penilaian tes psikologi, sebagai berikut :
  1. Tingkat Kecerdasan; 
  2. Kemampuan Analisa Sintesa; 
  3. Kecepatan Kerja; 
  4. Ketelitian Kerja; 
  5. Ketahanan Kerja; 
  6. Ketekunan Kerja; 
  7. Manajemen; 
  8. Percaya Diri; 
  9. Kerjasama; 
  10. Motivasi Berprestasi; 
  11. Kedisiplinan; 
  12. Loyalitas; 
  13. Kepemimpinan; 
  14. Daya Kreativitas.
 
Tes Pantukhir

Tes terakhir adalah Tes Pantukhir yang akan dilaksanakan di Kampus IPDN Jatinangor. Materi tes ini meliputi :
  1. Verifikasi faktual dokumen administrasi 
  2. Tes kesehatan pusat 
  3. Tes kesamaptaan 
  4. Wawancara 
Secara keseluruhan tes Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN mulai dibuka pada tanggal 9 Maret dan akan berakhir pada tanggal 27 Agustus 2017. Berikut ini jadwal seleksi penerimaan calon praja IPDN 2017 yang saya dapatkan di website resmi panselnas.
Jadwal Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN 2017
Segala informasi hasil tes penerimaan calon praja IPDN mulai dari TKD, tes kesehatan daerah,  tes psikologi, integritas dan kejujuran serta tes pantukhir akan diumumkan melalui www.kemendagri.go.id dan spcp.ipdn.ac.id.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga anda para peserta berhasil mengikuti Seleksi penerimaan calon praja IPDN ini sampai selesai dan diterima sebagai Praja IPDN 2017.