5 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Nama Domain

Berkaca dari pengalaman pribadi, terkadang kita kesulitan menentukan nama domain. Terkadang kita mendapatkan nama domain yang bagus tetapi ternyata tidak available untuk dibeli. Mengingat domain adalah salah satu bentuk investasi dan modal awal untuk menjadi pemilik website, kita harus bisa memilih nama domain terbaik

Perkara domain bukan perkara nama semata. Tanpa mengenyampingkan Optimalisasi situs (SEO) dan kualitas kontent, faktor nama domain menjadi hal vital untuk membuat situs anda selalu ramai dikunjungi. Ada beberapa faktor domain bisa menjadi kunci untuk membuat domain anda kebanjiran pengunjung serta mendongkrak SERP situs anda di mata om Google yaitu:

  1. Umur Domain
    Domain yang berumur (lebih dari satu periode registrasi berurutan) cenderung lebih diperhitungkan oleh mesin pencari dibandingkan dengan domain baru. Anda kadang beruntung mendapatkan domain yang baru anda beli ternyata cukup berumur karena hasil dropped registration alias pemilik lama tidak memperpanjang sewa domain.
  2. Keyword dan Niche Domain
    Ini adalah hal yang cukup penting. Bisa saja kita mendaftarkan nama domain SAHRONI.COM (kalau anda bernama Sahroni), tetapi faktanya akan lebih banyak orang yang datang ke situs anda jika nama domainnya SYAHRINI.COM (sesuatu banget..)
    Sesuaikan nama domain anda dengan tema umum yang ingin dibahas. Jangan gunakan istilah Teknik dalam nama domain yang ditujukan untuk membahas segala sesuatu tentang dunia kedokteran.
  3. TLD Domain (Top Level Domain)
    Kasus terkini, salah satu domain gratisan CO.CC terkena penalty Google. Seluruh situs yang jumlahnya hampir mendekati angka jutaan kehilangan posisi di hasil pencarian Google (di de-index). Berkaca pada kasus itu, gunakanlah top domain terpercaya.
    Google menyenangi dan memberikan perlakuan khusus pada domain-domain .edu, .org, .com, .net, bahkan dengan kolaborasi optimasi lainnya .info juga sering menjadi jawara dimata Google.
  4. Panjang Karakter Nama DomainKalau ini lebih ke faktor daya ingat manusia yang terbatas. Semakin pendek nama domain akan semakin mudah diingat oleh pelanggan situs kita. Empat atau Lima karakter menurut saya nilai batas yang masih mampu untuk saya ingat untuk karakter acak (contoh:qwasz.com), untuk karakter berupa kata-kata (contoh:modalgratis.com) 10-11 karakter adalah angka maksimal.
    Panjang Karakter Nama Domain penting untuk memastikan masih banyak cukup ruang untuk title tulisan/situs nampang di hasil pencarian. Total karakter yang masih mungkin ditampilkan (untuk title) adalah 60 karakter.
  5. Harga dan Fasilitas
    Harga domain standar adalah sekitar USD 9 atau Rp.85.000. Terkadang Domain menjadi lebih mahal ketika kita membeli pada pihak ketiga (biasanya kalau domain masuk kategori no 1) atau menjadi lebih murah apabila penyedia jasa Domain sedang memberikan diskon.
    Periksa juga fasilitas yang ditawarkan penjual domain, 
Saya merekomendasikan Godaddy yang memiliki banyak penawaran menarik untuk mendapatkan domain murah dan bila anda ingin menjual domain dengan harga yang pantas.

2 Responses to "5 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Nama Domain"

  1. Terima kasih atas info yang anda berikan, saya mau tanya kenapa domain .co.cc tidak di senangi google???
    Mohon info selanjutnya.

    ReplyDelete
  2. beberapa bulan yang lalu .co.cc dideindex massal oleh google karena dianggap mayoritas situs yang memakai domain itu adalah situs-situs negatif dimata Google (fraud, spam, dan materi terlarang lainnya)

    ReplyDelete